Breaking News
Loading...
Kamis, 23 Mei 2013

Info Post

KOMPAS/AGUS SUSANTOAktivitas tambang terbuka Grasberg, PT Freeport Indonesia di Papua, Sabtu (12/5/2012). Tambang terbuka Grasberg (kawasan puncak) yang menjadi andalan selama ini akan ditutup pada 2016, potensi yang mulai ditambang dari deposito bawah tanah masih akan berproduksi hingga 2041. Tahun 2041 adalah masa berakhirnya seluruh kontrak (dan masa perpanjangan) Freeport di kawasan ini.
JAKARTA, KOMPAS.com — Manajemen Freeport memastikan mulai 2016 Freeport Indonesia akan menutup tambang emas terbuka Grasberg Papua, yang sejauh ini menjadi tambang emas terbuka terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia.
Sebagai gantinya, Freeport Indonesia akan mengoperasikan dan mengeksploitasi bijih emas di tambang bawah tanah Grasberg. Tambang tersebut akan beroperasi pada 2016 mendatang.
Tambang bawah tanah Grasberg ini akan menjadi tambang bawah tanah terbesar di dunia dengan produksi 200.000 ton material per hari. Hingga akhir 2010 lalu, Freeport Indonesia memproduksi 235.000 ton bijih emas per hari dengan proyeksi emas 1,7 juta ons.
"Meski ini tambang bawah tanah, kami sudah memiliki rekam jejak yang bagus. Saya tetap yakin keselamatan kerja akan kami utamakan," ujar CEO Freeport McMoRan Copper Gold Inc, Richard C Adkerson, Kamis (23/5/2013).
Dia menambahkan, meskipun terjadi kecelakaan di pusat pelatihan di tambang emas Freeport Papua, perseroan tetap akan berinvestasi dan beroperasi di Indonesia. Untuk itu, perseroan akan tetap bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi di tambang emas Gossan tersebut.
"Saya yakin tentang keselamatan kerja di tambang tersebut. Untuk di tahun 2016, kami yakin akan tetap beroperasi di Indonesia dengan baik," katanya.

Editor :
Bambang Priyo Jatmiko

0 komentar:

Posting Komentar